PROPOSAL
USAHA
CAKE UBI
Tahun 2013

Disusun oleh : Ike Susati
Kelas :
KS4
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Di pasaran banyak bentuk dan aneka ragam
makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang
mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak
sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin
padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat
untuk kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang cukup sederhana, tetapi sangat
cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari dan saat santai, sekaligus
merupakan makanan yang cukup digemari adalah cake ubi.
Dengan pembuatan cake ubi yang dilakukan
dengan cara yang sangat sederhana serta akan dijual dengan harga yang terjangkau,
maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan cake ubi sebagai salah satu
makanan dengan rasa enak, nikmat, dan juga lezat memang layak dikembangkan
menjadi salah satu usaha kuliner di kawasan Gurah, Kediri, Jawa Timur.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin
meningkatkan pemasaran cake ubi agar masyarakat lebih mengenal banyak
pengolahan yang berbahan dasar ubi. Dan mengembangkan usaha ini menjadi usaha
yang besar agar masyarakat tidak meninggalkan kebiasaan untuk mengkonsumsi
hasil kebun sendiri.
1.2 VISI
Mencari keuntungan atau laba dengan
menciptakan makanan yang lezat dan inovatif untuk mencapai target penjualan.
1.3 MISI
1. Melakukan
promosi untuk meningkatkan omzet penjualan
2. Meningkatkan
dan menjaga kualitas produk
3. Mewujudkan
kepuasan pada diri konsumen
BAB II ISI
2.1 ANALISA
PELUANG USAHA
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan
dari produk ini adalah
Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat
Produk
yang terjamin dan higienis
2. Weakness
(kelemahan)
Kelemahan
dari produk ini adalah
Tidak
tahan lama (hanya tahan 5 hari saja)
Produk
mudah ditiru
3. Opportunity
(peluang)
Tempat
strategis
Fasilitas
yang cukup memadai
Daya
beli masyarakat yang cukup tinggi
4. Threath
(ancaman)
Adanya
pedaling yang menjual produk sejenis dengan harga yang lebih murah.
2.2 MARKETING
MIX
1.
Product (produk)
Produk
yang dijual adalah cake ubi yang merupakan makanan selingan sehari-hari , cocok
dikonsumsi malam hari dan saat santai dengan keluarga.
2.
Price (harga)
Harga
perbungkus Rp. 13.000,00 karena harga ini terjangkau dan relative murah.
3.
Place (tempat)
Pemasaran
produk ini dilakukan secara langsung dari penjual ke pembeli. Pemasaran produk
ini terjadi di pasar.
4.
Promotion (promosi)
Dalam
melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat.
2.3 PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL
a)
Bahan Baku
·
Ubi jalar 5kg Rp.15000
·
Tepung beras 7.5kg Rp.54000
·
Telur 150
butir Rp.187500
·
Gula 7.5kg Rp.90000
·
Backing powder 1pcs Rp.2500
·
Mentega 2.5kg Rp.45000
·
Vanili 3 Rp.5000
·
Sp 12.5ons Rp.57000
·
Garam secukupnya Rp.3000
+ Rp.
495000
b)
Bahan Hiasan
·
Cream Rp.15000
·
Meises Rp.7000
·
Coklat Rp.13000

Rp.35000
c)
Biaya Lain-lain Rp.40000

Rp.570000
Menghasilkan 50 buah
Harga jual per buah Rp.13000
Harga jual = harga jual per unit x
jumlah produk
=13000x50
=Rp. 650.000
2.4 PERHITUNGAN
RUGI ATAU LABA
Laba bersih = 650.000-570.000
=Rp. 80.000
2.5ANALISA
KEUNTUNGAN
Dalam
satu kali produksi
Rasio
keuntungan

2.6
KESIMPULAN
Cake ubi merupakan salah satu makanan
yang sangat di kenal masyarakat karena rasanya yang enak. Makanan ini merupakan
makanan yang di proses secara sederhana dengan bahan yang mudah di cari.
Sebagai cake ubi yang di pasarkan dengan menggunakan nama “ Cake Ubi Jalar”
diharapkan dapat beredar luas. Sebenarnya peluang usaha cake ubi ini sangat
bagus hanya saja pemasarannya masih belum luas sehingga kurang menonjol bila di
bandingkan dengan makanan lainnya.
BAB III PENUTUP
PENUTUP
Harapan saya untuk produk cake ubi ini
adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, saya
mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang peminatnya karena produk
ini sangat bagus dan berkualitas.
Demikian proposal kegiatan ini saya buat
dengan sebagaimana adanya. Saya mengharapkan kritik atau saran dari proposal
yang jauh dari sepurna ini sebagai evaluasi untuk kegiatan saya berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar